BLOG BLOGGING : SEPUTAR OPTIMASI SEO ON PAGE

Blog Blogging, bagikan sajaOptimasi SEO Onpage pada dasarnya adalah merupakan sebuah tehnik optimasi blog yang berkaitan dengan kontent atau isi suatu blog, yang terdiri dari high speed loading, penggunaan CSS script yang ringan, kontent atau isi artikel yang berkualitas serta informatif dan tidak menyesatkan, memiliki thema yang enak disimak (easy catch), terdapat internal link yang mampu memberikan penjelasan-penjelasan lebih lanjut dari isi suatu artikel, terpasangnya berbagai navigasi blog (navigasi breadcrumb dan permalink serta berbagai share navigation) yang mempermudah setiap pengunjung (visitor) maupun robot search engine dalam menelusuri setiap sudut blog yang ada.

Tujuan daripada tindakan optimasi SEO Onpage ini tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mendapatkan posisi yang terbagus (10 besar) dalam pencarian oleh suatu mesin pencari (search engine), sehingga dengan memanfaatkan posisi yang bagus tersebut diharapkan mampu menghadirkan atau mendatangkan pengunjung (visitor) yang berkualitas pula dan bukan visitor yang hanya sekedar mampir dan menyebar spam, disamping itu diharapkan pageviews blog akan ikut meningkat pula. Pageviews blog ini lebih jauh akan berkaitan dengan masalah Alexa-rank yang akan dibahas pada artikel-artikel mendatang.

Berangkat dari definisi optimasi SEO Onpage sebagaimana yang terurai di atas, maka pada dasarnya dapat diklasifikasikan beberapa tehnik optimasi SEO Onpage ini ke dalam beberapa langkah-langkah sebagai berikut :

Pertama, pilihlah sebuah hosting yang memang benar-benar kredibel dan bagus serta memiliki bandwith yang bagus atau minimal cukup bagus (di mata umum), karena dengan pemilihan sebuah hosting yang tepat, maka sebuah blog akan menjadi lebih stabil serta dapat dengan mudah dikenali oleh robot-robot mesin pencari dari berbagai search engine terutama Yahoo dan Google.

Kedua, manfaatkan pemasangan meta-robot dan meta verifikasi (meta-tag) search engine semacam Google dan Yahoo, hal ini dimaksudkan untuk mempermudah robot-robot mereka saat melakukan proses crawling dan indexing blog yang kita miliki. Mengenai hal ini akan dibahas pada artikel-artikel mendatang.

Ketiga, optimasikan plug-in blog anda, artinya gunakanlah plug-in blog yang memang diperlukan serta mendukung keberadaan atau eksistensi blog yang kita miliki. Tidak perlu terlalu over plug-in, semacam pemasangan plug-in jam dan kalender yang sepertinya tidak terlalu mendukung keberadaan blog, lebih-lebih adanya iklan yang bertubi-tubi jumlahnya sehingga membingungkan visitor (pengunjung) blog. Plug-in yang memang diperlukan ini semacam widget page-rank, widget alexa-rank, widget histas, widget translator, daftar isi dan semacamnya.

Keempat, jangan takut untuk memasang gambar-gambar pada postingan blog walaupun hal ini tidak terlalu disukai oleh robot search engine, namun gambar-gambar tersebut penting untuk menambah nilai estetika suatu blog agar tidak membuat bosan atau terkesan monoton karena hanya berisi ribuan teks. Pasang gambar-gambar seperlunya saja serta optimasikan gambar-gambar tersebut dengan metode "alt img" (akan dibahas tersendiri). Dan perlu dipahami pula bahwasanya gambar-gambar yang ada dalam blog kita pada suatu titik tertentu akan dapat mendatangkan pengunjung (visitor), karena tidak semua pengguna search engine itu hanya mencari artikel-artikel, ada pula di antara mereka yang mencari referensi gambar-gambar.

Kelima, jangan gunakan keyword surfing pada title atau judul postingan blog anda, karena hal ini potensial untuk membuat blog kita di banned oleh mesin pencari atau search engine. Gunakanlah judul posting yang wajar-wajar saja dan upayakan masih memiliki thema yang sama dengan judul blog yang kita miliki.

Semikianlah ulasan tentang seputar optimasi SEO Onpage ini, mudah-mudahan bermanfaat buat anda sekalian pembaca yang budiman.

Untuk hal-hal yang belum dibahas dalam artikel ini, anda bisa mendapatkan informasinya melalui artikel-artikel terkait di bawah ini.

Get free daily email updates!

Follow us!


1 komentar:

  1. SEO Onpage .... mantap gan .., mohon ijin untuk menyebarkannya, salam

    BalasHapus

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka kami sengaja tidak memasang widget-shoutbox, dan bila anda memang ingin dinilai sebagai pengunjung/visitor yang baik, silahkan tinggalkan komentar anda pada tempat yang telah disediakan.