TENTANG DAN SEPUTAR ALEXA PAGE RANK BLOG

Blog Blogging, alexa logoAlexa page rank blog tentunya berbeda dengan Google page rank, nilai peringkat Google page rank itu 1 sampai  dengan 10, dan semakin tinggi nilai page ranknya akan semakin baik. Blog yang memiliki google page rank 5 lebih baik dari pada blog yang berpage rank 3. Menurut para webmaster atau para ahli SEO,   salah satu fungsi atau manfaat Google page rank adalah berpengaruh pada pencarian di google search engine (tetapi bagi saya hal ini tidak selamanya benar).

Sedangkan Alexa page rank blog adalah perankingan blog atau web yang dilakukan oleh Alexa.com. Kebalikannya dari Google, rentang rangkingnya bisa sampai jutaan. Jangan kaget jika sebuah blog memiliki rank sampai 1 juta atau lebih, hal itu wajar. Semakin kecil atau sedikit Alexa page rank berarti akan semakin bagus. Artinya blog yang memilki Alexa page rank 356,000 lebih baik daripada blog yang memiliki Alexa page ranknya 1,634,00. Salah satu manfaat Alexa page rank adalah untuk menjadi bahan pertimbangan dalam hal paid review atau review berbayar. Jadi dalam hal ini Alexa page rank blog sama sekali tidak membuktikan tentang kualitas website atau blog yang sebenarnya, karena dasar perhitungan Alexa page rank blog ini sepenuhnya bergantung kepada jumlah Visitor dan Pageviews blog, dan bukan kualitas kontent blog.

Dari definisi tersebut, maka yang berperan penting dalam Alexa page rank blog adalah Alexa Toolbar, jumlah pengunjung, dan jumlah pageviews yang dihitung berdasarkan jumlah orang yang mengunjungi situs/blog bersangkutan dengan Alexa toolbar terinstal di browser yang digunakannya.

20 Cara meningkatkan Alexa Rank

Perlu Anda ingat, untuk meningkatkan alexa rank dalam jangka panjang, DoshDosh merekomendasikan bahwa Anda harus fokus pada pembuatan konten berkualitas yang akan menarik banyak pengunjung. Jadi, bukan hanya sekadar fokus pada meningkatkan Alexa page rank blog secara instan.

Di bawah ini cara-cara meningkatkan Alexa page rank blog :

1. Install Alexa toolbar atau Firefox SearchStatus extension dan setting blog Anda sebagai homepage. Ada dua cara mudah menginstal alexa toolbar. Jika Anda menggunakan Internet Explorer, download Alexa Toolbar for Firefox atau SearchStatus extension yang akan menampilkan Alexa Rank, Google Rank, dan juga fitur-fitur berguna lain.

2. Taruh widget Alexa Rank di blog Anda. Menurut sejumlah kalangan, bila widget itu diklik oleh pengunjung yang belum menginstal Alexa Toolbar, maka itu akan dihitung sebagai kunjungan tambahan.

3. Dorong yang lain untuk menginstal Alexa toolbar. Ini bisa sahabat atau pengunjung blog Anda sendiri.

4. Bekerja di kator atau di warnet? Jika memungkinkan, instal Alexa toolbar pada semua komputer yang ada dan seting blog Anda sebagai homepage-nya. Ini akan berguna jika IP yang digunakan bersifat dinamis.

5. Minta teman untuk mereview dan merating profil blog Anda di Alexa. Memang belum ada bukti, namun mungkin saja cara ini berguna.

6. Tulis artikel mengenai Alexa. Webmaster dan blogger senang mengetahui cara-cara meningkatkan alexa-nya. Mereka akan membacklink tulisan Anda dan mengirimkan trafik. Ini secara langsung berdampak pada Alexa pagr rank blog Anda.

7. Pampang URL Anda di forum webmaster. Webmasters biasanya telah menginstal Alexa toolbar di browsernya dan jika mereka tertarik mengklik URL Anda, maka ini merupakan sebuah keuntungan bagi Anda.

8. Tulis artikel yang berkaitan dengan webmaster. Contohnya, topik SEO dan jual beli domain yang sangat diminati oleh kalangan webmaster (blogger atau pemilik situs). Promosikan artikel anda pada forum webmaster dan situs jejaring sosial.

9. Gunakan Alexa redirects URL blog Anda. Coba ini: http://redirect.alexa.com/redirect?www.doshdosh.com. Ganti doshdosh dengan URL blog Anda. Gunakan URL ini saat berkomentar dan juga signatur Anda. Redirect ini akan menghitung alamat IP unik sekali sehari saja. Belum ada bukti resmi cara ini, jadi gunakan secara hati-hati.

10. Aktif di situs atau forum Asian social networking. Beberapa kalangan menyebutkan bahwa Asia Timur adalah pengguna Alexa toolbars yang besar. Ini dibuktikan dengan beberapa blog atau situs dari Asia Timur yang masuk Alexa Top 500.

11. Buat sebuah halaman mengenai Webmaster Tools pada blog Anda. Ini merupakan magnet bagi webmaster untuk berkunjung berkali-kali ke blog Anda.

12. Daftar di Digg atau StumbleUpon. Kedua situs ini bisa mengirimkan puluhan ribu pengunjung bila artikel Anda tampil di halaman depan. (Catatan Kang Yudiono: di Indonesia, Anda bisa mendaftar di Lintas Berita, InfoGue, dan lain-lain).

13. Gunakan kampanye PayperClick. Ini dilakukan dengan membayar iklan di Google atau yang lainnya.

14. Buat kategori Alexa di blog Anda dan gunakan ini untuk menyimpan artikel atau berita yang berkaitan dengan Alexa.

15. Optimalkan popular posts Anda. Apakah Anda memiliki popular post yang konsisten menerima trafik dari mesin pencari? Update postingan tersebut dengan melink ke postingan Alexa atau link internal ke URL Redirect Anda.

16. Beli iklan banner dan link dari forum. Jika iklan Anda menarik, ini akan secara signifikan meningkatkan ranking Alexa Anda.

17. Rekrut orang untuk mempromosikan blog Anda. Ini bisa dilakukan dengan membayar teman atau anggota forum untuk mempromosikan artikel Anda.

18. Bayar pemilik warnet untuk menginstall Alexa toolbar dan mensetting blog Anda di semua komputer yang ada di warnet tersebut.

19. Aktif di MySpace, Facebook, dan lainnya. Cara ini berhasil bagi sejumlah orang, namun banyak juga yang tidak berhasil.

20. Coba Alexa auto-surfs. Tools ini biasanya berguna bagi blog baru dan gunakan secara hati-hati.

Opini Saya

Dari 20 cara meningkatkan alexa rank itu, mungkin hanya beberapa saja yang sesuai dengan Anda, baik dari segi waktu maupun biaya. Untuk meningkatkan alexa rank dalam jangka panjang, menurut saya Anda tetap harus membuat artikel yang bermanfaat bagi pengunjung blog Anda, sehingga pengunjung Anda banyak dan konsisten, hal ini penting untuk meningkatkan pageviews blog anda.

Silahkan membaca informasi lebih lanjut perihal INDIKATOR PENILAIAN ALEXA RANK.



Get free daily email updates!

Follow us!


2 komentar:

  1. Informasi tentang Alexa yang cukup mantap, membuka wawasan aku, salam kenal dan terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas perhatian dan kunjungan anda

      Hapus

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka kami sengaja tidak memasang widget-shoutbox, dan bila anda memang ingin dinilai sebagai pengunjung/visitor yang baik, silahkan tinggalkan komentar anda pada tempat yang telah disediakan.