BLOG BLOGGING : CARA-CARA OPTIMASI BLOG

Blog Blogging, blog bannerBLOG BLOGGING kali ini akan membahas tentang cara-cara optimasi blog, BLOG BLOGGING tentang cara-cara optimasi blog ini setidaknya bertujuan agar website/blog yang kita miliki dapat menempati posisi 10 besar SERP atau gampangnya dapat masuk dalam jajaran 10 besar (halaman pertama) Google search engine. Banyak website atau blog-blog terkenal yang telah membahas masalah optimasi blog ini, berbagai macam cara telah disajikan, berbagai macam upaya telah pula dibeberkan. Namun apakah semua cara itu memang benar-benar berguna bagi website/blog yang kita miliki ? Jawabannya bisa jadi : Belum tentu semuanya cocok ..... !! Nah .... lho .... ?!!!


Pada artikel ini, saya hanya akan membahas cara-cara optimasi blog yang pokok-pokok saja atau yang berkaitan dengan SEO onpage serta lebih berupa upaya-upaya dasar atau fundamental. Adapun cara-cara tersebut hanya tidak lebih dari 5 (lima) cara.

Pertama, hal yang perlu dilakukan adalah merubah struktur (kombinasi) head dan meta-tag template blog yang kita miliki. Perubahan ini tentu saja dimaksudkan agar template blog yang kita miliki dapat menjadi lebih SEO friendly serta disukai oleh mesin Google-bot.

Kedua, hal selanjutnya yang perlu untuk kita lakukan adalah melakukan optimasi terhadap gambar-gambar yang ada dalam setiap postingan atau artikel blog yang kita miliki. Optimasi gambar ini hanya dengan menambahkan struktur alt dan atau title pada setiap gambar. Hal ini dilakukan untuk mempermudah Google-bot dalam membacanya, karena terus terang Google-bot tidak dapat membaca atau melihat gambar, yah maklum mereka kan robot.

Ketiga, lakukan sinkronisasi antara keyword dengan judul postingan serta beberapa kata yang menjadi uraian postingan blog. Artinya demikian, judul postingan blog setidaknya ada menyangkut (menyebut)  keyword blog, selanjutnya di dalam batang tubuh postingan hendaknya juga memuat keyword-keyword yang telah kita setting pada kode html blog, paling tidak baris pertama postingan atau artikel blog harus memuat keyword yang telah kita setting.

Keempat, lakukan pemasangan script-script navigasi breadcrumb dan permalink SEO, hal ini berguna untuk memudahkan Google-bot saat mengindeks serta meng-crawl semua sudut website/blog yang kita miliki.

Kelima, pada langkah kelima atau terakhir ini hendaknya kita pasang script related post (artikel terkait) pada tiap-tiap postingan blog. Hal ini berguna untuk memberitahu para visitor bahwa kita juga memiliki artikel-artikel lain yang terkait dengan artikel yang sedang dibacanya itu.

Kiranya cukup sampai di sini dulu, lain waktu disambung lagi.

Get free daily email updates!

Follow us!


0 Response to "BLOG BLOGGING : CARA-CARA OPTIMASI BLOG"

Posting Komentar

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka kami sengaja tidak memasang widget-shoutbox, dan bila anda memang ingin dinilai sebagai pengunjung/visitor yang baik, silahkan tinggalkan komentar anda pada tempat yang telah disediakan.